reminder

Puasa 

Suatu pagi yang terik di bulan Ramadhan. Saya melangkahkan kaki ke sebuah bangunan bertirai. Hari ini saya tidak ikut sahur dan sedang tidak berpuasa, sehingga ya saya akhirnya harus makan pagi (yang dilakukan di siang hari). Ketika tirai dibuka, nampak kursi penuh terisi oleh para laki-laki yang sedang menikmati makan siangnya. Beberapa wajah cukup akrab dalam ingatan saya, entahlah sedang tidak puasa atau memang tidak wajib melaksanakan puasa. 

Lalu saya bergegas keluar, selain karena asap rokok yang cukup mengganggu, karena saya sudah mendapatkan apa yang saya perlukan. Selang 10 langkah,ada seorang laki-laki mendekati saya. Beliau membawa dua nampah berisi salak. Usianya sudah cukup berumur. Lalu kami saling berhenti dan akhirnya sebungkus salak menemani makan siang saya hari ini. Ketika saya bertanya apakah beliau berpuasa sambil menanggung jualannya, beliau menjawab, ya saya berpuasa. 

Tinggalkan Balasan

