IIP · keluarga · myself · psikologi

NHW1 : Adab Belajar

Ceritanya..saya sedang mengikuti program matrikulasi IIP. Nah salah satu tugasnya adalah memposting nice home work (jadi dipaksa nulis lagi), emang saya pada dasarnya masih harus dipaksa sih. Materi awal matrikulasi adalah mengenai adab belajar. Iya kaan, sebelum belajar kita perlya tahu adabnya terlebih dulu. Untuk materi in syaa allah ada diposting di tulisan lain. Nah, untuk NHWnya adalah saya harus menjawab beberapa pertanyaan yang menurut saya, lebih mempertanyakan diri sendiri. 

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini!

Saat ini saya ingin belajar ilmu psikologi (saya tulis saat ini karena saya termasuk orang yang minat belajarnya berubah-ubah) terutama ilmu mengenal karakter, minat, bakat manusia. 

2. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut?

Karena dengan mengenal diri sendiri kita bisa menentukan arah hidup mau ke mana, mau bekerja di mana, mau kuliah di mana, mau menjadi apa. Bahkan saya merasa ketika ingin menjadi istri ataupun orang tua, harus selesai mengenal dirinya sendiri.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?

Saat ini, saya belajar dengan psikolog, membaca buku psikologi, dan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk rencana sekolah formal kembali masih belum ada bayangan karena masih ada beberapa pilihan bidang yang ingin saya pelajari.

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?

Bersungguh-sungguh dan fokus, ini adalah PR utama saya, soalnya kadang saya masih suka salah fokus atau kebanyakan fokus (alias tidak fokus heuheu)

Bismillah mudah-mudahan di program matrikulasi ini juga saya bisa fokus dan konsisten (walaupun ngerjain NHWnya last minute bangett)

Tinggalkan Balasan

