keluarga · myself · reminder

Hari Minggu

Hari ini mengingatkan saya pada hari minggu 4 tahun yang lalu. Saya sedang di Bogor. Menghadiri beberapa pertemuan rutin. Saat itu saya masih bekerja di Jakarta dan rutin setiap akhir pekan pulang ke Bogor. Sebuah telepon sore itu sedikit membuat saya menunda kepulangan saya ke Jakarta, dari Uwa (kakak Ibu saya di Karawang). Awalnya biasa saja menanyakan kabar, lalu sedetik kemudian, saya terdiam. 

“Uwa mau dioperasi, Neng” ucap beliau, dengan tenang. Lalu bergulirlah cerita tentang operasi dan penyakit beliau. Saya masih tertegun, kaget. Tidak tahu kalau selama ini, beliau sakit. Terakhir saya pulang ke Karawang, Uwa Mamah masih terlihat sehat, masih membekali saya dengan macam-macam saat saya pulang. 

Hari itu hari minggu, saya harus masuk kerja besoknya, di akhir percakapan saya berjanji akhir pekan depan akan pulang ke Karawang. Dua hari kemudian janji itu saya tepati, saya pulang ke Karawang, untuk bertemu dengan beliau sebelum beliau dikebumikan. Saya tidak pernah selesai menulis blogpost tentang kepergian beliau. Selalu berakhir menjadi draft dan tangisan. hehe. Beliau sudah seperti Ibu bagi saya, yang sabar menemani saya pada masa awal pubertas saya. Banyak cerita antara saya dan beliau, yang jika diceritakan, maka tulisan ini tidak akan pernah selesai.

Hari ini ini saya pulang dari Karawang, menemani kakek saya yang telah lama sakit, sakit yang sama yang diderita Uwa saya. Ada ketakutan pada diri saya, apakah tiga minggu ke depan, masih bisa bertemu beliau, seperti janji saya tadi?. Ah.. Allah sudah tentukan kematian seseorang, mungkin saja ternyata lebih dahulu saya yang dipanggil. Namun saya ingin berdoa, semoga Allah masih memberikan waktu dan kesempatan bagi saya. 

Sore dalam perjalanan Karawang – Bogor.

Tinggalkan Balasan

