masak

Memasak ala anak kostan :)

Warung Bu Wati adalah tongkrongan baru saya setiap 3 hari sekali sekarang. Sejak kena sakit pencernaan kemarin, saya akhirnya memulai masak sendiri. Sebelum kenal (dan rajin datang ke) warung Bu Wati, memasak bagi saya cukup mahal jika dibandingkan dengan membeli makanan jadi. Biasanya jika tiba-tiba saya ingin memasak, saya membeli bahan di toko sayur yang harganya cukup mahal (kadang-kadang tidak masuk akal kantong). Selain itu memasak juga memakan waktu cukup lama, itulah yang terlintas dalam pikiran saya selain itu , tidak adanya lemari es di kostan juga semakin meningkatkan tingkat kemalasan saya untuk memasak. Tapi setelah saya jalani ternyata tidak sesulit dan selama yang dibayangkan (tergantung apa yang dimasak juga sih ya). Sejauh ini saya memilih setia pada beberapa jenis masakan. Beberapa yang pernah saya coba, diantaranya :

  1. Abon tongkol.

Bahannya simpel : ikan tongkol, bawang merah, cabe (merah dan rawit), garam, gula,minyak goreng.

Cara membuat : tongkol, bawang merah, dan cabe diiris. Khusus untuk tongkol diiris hingga lembut atau bisa juga diuleg. Lalu panaskan minyak masukan bawang dan merah cabe, setelah harum masukan tongkol lalu gula garam. Koreksi rasa lalu masak hingga kering. Kalau suka bisa ditambah daun jeruk supaya wangi πŸ™‚

Abon tongkol ini cukup awet jika disimpan rapat, taburkan di atas nasi hangat atau bisa jadi campuran nasi goreng juga. Kalau FC, bisa buat makanan cheating *lho. Untuk jumlahnya saya pakai kirologi hehe, karena saya suka bawang goreng tapi kurang suka pedas jadi jumlah bawang gorengnya lebih banyak daripada cabe.

Abon tongkol

  1. Aneka gorengan dengan tepung bumbu instan.

Sejauh ini saya pernah coba ke tahu, tempe,udang Β dan tongkol (iya..saya mah setia orangnya). Tinggal cemplung hihi, kayanya semua bisa ya.

20151007_123655[1]

  1. Tumis sayur.

Ini juga masakan sejuta umat kayanya ya. Iris bawang merah, bawang putih, cabe (bawang bombay jika suka) lalu tumis masukan sayuran beri gula garam, icip dan jadi J. Tumis sayur yang pernah saya masak itu tumis kangkung (pakai tauco), tumis bayam merah,tumis bayam hijau, tumis labu siam, tumis jagung wortel.

20151012_101652[1]

  1. Bubur kacang ijo.

Kalau sedang di kostan dan malas keluar,menu andalan saya adalah ini, lumayan untuk menunda lapar hehe. Saya biasanya masak di magic com, karena bisa disambi hihi walaupun kurang baik mungkin ya. Rebus air, kacang hijau dan gula, setelah lunak masukan santan dan pandan.

  1. Sayur santan.

Kalau versi saya hampir mirip tumis, yang membedakan hanya bumbunya dihaluskan, airnya banyak dan ditambah santan (pakai santan instan saja :D). Sayurannya boleh campur (nanti jadi sayur lodeh) atau kalau saya suka labu siam. Rasanya enak.

  1. Pancake ala-ala.

Kalau ini versi saya dan kakak kelas saya kalau sarapan sabtu minggu. Bahannya terigu, margarine/mentega cair, telur, gula, susu, baking powder. Bahan diaduk lalu dipanggang dengan teflon. Lalu beri topping, bisa madu,keju, cokelat atau es krim.

20151004_100708[1]

  1. Dendeng ala-ala

Ini ceritanya kita dapat daging sapi saat kurban kemarin. Berhubung tidak ada kulkas maka daging itu harus dimasak semua, akhirnya diputuskan dimasak dengan 3 cara. Dibakar, dimasak dengan bumbu teriyaki dan dibuat dendeng. Untuk dendeng, daging diiris tipis lalu rebus dengan bumbu halus : lengkuas, jahe dan garam. Setelah empuk dinginkan. Bisa dimakan langsung atau digoreng dengan cabai, gula, garam yang dihaluskan (tapi tidak terlalu halus).

Itulah masakan ala anak kostan. Nilai plusnya kalau setelah masak minimal ada satu atau dua teman tetangga yang bisa kita bagi (masa hanya kebagian wanginya saja). Jadi, masak apa ya hari ini?

Iklan

28 thoughts on “Memasak ala anak kostan :)

    1. mb tyka..nasi hangat dan telor dadar udah enak, apalagi ditambah abon tongkol, habis itu langsung malas liat timbangan ya πŸ™‚
      tapi sejak masak rasanya berat saya nambah mba, masak sendiri ngabisin juga sendiri atau cari teman yang mau dijadikan korban hihi πŸ™‚

      1. Qiqiqi. Nasi hangat itu teman setia buat yg mau naikin berat badan, memang πŸ˜† makan cm pake sambel Bu Rudy ama krupuk aja, bisa nambah nasi sepiring lagi πŸ˜†

      1. Hihi.. Aamiinn.. Semoga bisa segera selesai amanah yg itu yaa.. Monggo mau main mah bisa kapan aja asal wiken ahaha

  1. Fikaaaa.. keren banget sih kamuuu n.n
    masakan amat-amat-amaaaat standar tau. hehe.

    aku mau cobaa aahh yang abon tongkol :q

    masih suka beli2 nih :3
    apalagi sejak masuk trimester 3, males lama2 berdiri ngadepin kompor. hehe.

      1. aah Fikaa.. itu kereen sungguh, Fik πŸ˜€
        *tulus*

        honestly, sebagian besar list masakan yg Fika tulis buat aku adl sesuatu yang baru. hehe.
        *emot tutup muka*

        iyaa ni, balik kaya trimester 1.
        sensitif lg sm bau-bauan n.n

  2. Akhirnya launching juga resep2nya neng fika. Looking forward to the next yaa.
    Kalo aku masak tongkol paling dibumbu merah aja. Kata temen aku namanya pepes batal, serupa pepes tapi ga dipepes, haha…

      1. Hahaha… boleh boleh nanti aku posting beberapa resep aku deh. Cuman gitu pik, aku juga pake kirologi jadi jumlah bumbu2nya suka ngasal, sedapetnya feeling aja hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s