donor darah

World Blood Donor Day 2015

Siapa yang belum tahu kalau tanggal 14 Juni kemarin adalah hari donor darah ?. Sebenarnya saya juga tahu pas sudah mendekati hari-h nya kok, sebelumnya saya juga belum tahu kalau WHO menetapkan tanggal 14 Juni sebagai hari donor darah sedunia.  Tahun ini tema hari donor darah yang diangkat adalah “Thank you for saving my life”. Tema kampanye tahun ini adalah ungkapan terima kasih kepada pendonor yang telah menyelamatkan nyawa orang lain melalui donor darah. Harapannya hal ini bisa mendorong masyarakat untuk mendonorkan darah secara sukarela dan rutin dengan slogan “Give freely, give often. Blood donation matters.”

Karena motivasi itulah saya memutuskan memperingatinya dengan ikut berdonor, selain itu saya juga kaget ternyata terakhir saya berhasil donor itu tahun 2013 *tutup muka, tiga kali setelahnya, selalu ditolak. Nah kali saya ikut memperingati dengan ikut serta dalam donor darah yang diselenggarakan oleh salah satu produsen alat rumah tangga (khususnya yang berbahan plastik), Tupperware. Acara ini diselenggarakan serentak di 24 kota, salah satunya di Bogor, tepatnya di Botani Square. Selain karena hari libur, saya juga penasaran dengan acaranya. Donor darah di mall ? Wow, gimana rasanya ya..(walaupun bukan pertama kali sih ya). Harapan saya sih harusnya lebih ramai dibanding event donor darah biasa kan yaa. Selain itu saya juga punya ketertarikan yang aneh terhadap alat makan yang berbahan plastik, entah kenapa…matanya saya selalu menghijau kalau melihat lunch box dkk. Untung harganya masih membuat saya berpikir dulu memborong membelinya . Salah satu kesayangan saya adalah si botol minum ini, namanya Mermud 😀MermudAcaranya ramai dan terlihat cukup menarik minat masyarakat. Saya lihat di TL  twitter Tupperware ID, di beberapa daerah cukup banyak ikut berpartisipasi dalam acara ini. Acaranya juga cukup lama dari pukul 10.00 sampai 19.00. di Bogor sendiri saya lihat sampai pukul 5 sore, masih banyak masyarakat yang mendaftar donor, walaupun saya lihat total pendonor di Bogor masih cukup sedikit jika dibandingkan daerah lain, yaitu sekitar 300an orang, tapi saya tetap senang melihat antusiasme peserta. Oia, yang menarik para peserta donor juga diberi goodie bag, dan ada kontes foto selfie juga.. Wah tentu hal ini semakin menarik minat masyarakat ya.

20150614_010518Kondisi saya sendiri alhamdulillah baik dan bisa donor yeay..walaupun awalnya agak sangsi karena belakangan saya sering begadang, tapi ternyata tekanan darah saya normal , kadar HB juga cukup. Ini juga saya kaget karena biasanya sih saya hanya di sekitar12,5 an tapi sekarang 13,8 , saya curiga hal ini dipengaruhi oleh pola Food Combining abal-abal  yang saya terapkan :D.

Apa sih yang bisa di didapat dengan donor darah, diantaranya :

1. Peduli pada sesama
2. Memperpanjang hidup orang lain
3. Membantu orang lain yang memerlukan darah
4. 1 kantung darah dapat menyelamatkan 3 nyawa
5. Membantu menurunkan berat badan
6. Membantu membakar kalori
7. Deteksi dini resiko kesehatan
8. Mengurangi resiko penyakit jantung
9. Mengurangi resiko penggumpalan darah
10. Mengatur dan mengontrol kesehatan
11. Meningkatkan sel darah merah
12. Memaksimalkan peredaran darah pada ginjal dan paru-paru
13. Meningkatkan kesehatan psikologis
14. Membantu sirkulasi darah
15. Memaksimalkan darah dalam paru-paru
16. Menurunkan zat seng dalam darah
17. Memperbaharui sel darah
18. Mencegah resiko kesehatan
19. Mencegah penyakit langka
20. Menghilangkan kaku di pundak
21. Mengalahkan kelebihan zat besi
22. Mengetahui lebih lanjut tentang tipe darah individual
23. Mencegah penuaan dini
24. Menurunkan resiko terkena kanker

sumber dari sini.

Syaratnya apa saja ?

  1. Umur 17-60 tahun( usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua)
  2. Berat badan minimal 45 kg
  3. Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius
  4. Tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg
  5. Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit
  6. Hemoglobin baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram
  7. Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak lima kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya tiga bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor.

Yang ga bisa donor??

  1. Pernah menderita hepatitis B
  2. Dalam jangka waktu enam bulan sesudah kontak erat dengan penderita hepatitis
  3. Dalam jangka waktu enam bulan sesudah transfusi
  4. Dalam jangka waktu enam bulan sesudah tato/tindik telinga
  5. Dalam jangka waktu 72 jam sesudah operasi gigi
  6. Dalam jangka waktu enam bulan sesudah operasi kecil
  7. Dalam jangka waktu 12 bulan sesudah operasi besar
  8. Dalam jangka waktu 24 jam sesudah vaksinasi polio, influenza, kolera, tetanus dipteria, atau profilaksis
  9. Dalam jangka waktu dua minggu sesudah vaksinasi virus hidup parotitis epidemica, measles, dan tetanus toxin
  10. Dalam jangka waktu satu tahun sesudah injeksi terakhir imunisasi rabies therapeutic
  11. Dalam jangka waktu satu minggu sesudah gejala alergi menghilang
  12. Dalam jangka waktu satu tahun sesudah transplantasi kulit
  13. Sedang hamil dan dalam jangka waktu enam bulan sesudah persalinan
  14. Sedang menyusui
  15. Ketergantungan obat
  16. Alkoholisme akut dan kronis
  17. Mengidap Sifilis
  18. Menderita tuberkulosis secara klinis
  19. Menderita epilepsi dan sering kejang
  20. Menderita penyakit kulit pada vena (pembuluh darah balik) yang akan ditusuk
  21. Mempunyai kecenderungan perdarahan atau penyakit darah, misalnya kekurangan G6PD, thalasemia, danpolibetemiavera
  22. Seseorang yang termasuk kelompok masyarakat yang berisiko tinggi mendapatkan HIV/AIDS (homoseks, morfinis, berganti-ganti pasangan seks, dan pemakai jarum suntik tidak steril)
  23. Pengidap HIV/ AIDS menurut hasil pemeriksaan saat donor darah.

sumber dari sini

Jadi masih ragu untuk Donor ?:)

Oia…ternyata aktor Korea Selatan yang sedang naik daun, dan saya sukai gaya parentingnya juga ikut memperingati dengan berdonor lho..wah memang keren ya ayah Triplets ini 🙂

Ilkook twit

mingukii

Sumber dari sini

Tatapannya Minguk..mudah-mudahan ga berimajinasi darah jadi selai strawberry yaa Dek..:D

Tinggalkan Balasan

