myself · reminder

Hasil (ceritanya) Mencoba Hidup Sehat

Sesuai janji saya kemarin, mau cerita lagi soal rencana hidup sehat yang saya tulis disini. Sebelum ke hasilnya, baiknya saya cerita dulu mungkin ya, gimana prosesnya hehe. Kalau sesuai juklak yang saya tulis kemarin aturannya begini ya :

1. Bangun tidur minum air hangat yang ditambahi lemon atau jeruk nipis

2. Sarapan hingga jam makan siang hanya mengkonsumsi buah, ada aturan buahnya juga, kalau bisa buah-buah sejenis melon, semangka tidak dicampur dengan buah lain, karena waktu cernanya lebih cepat.

3. Pasangan makanan untuk makan siang dan makan malam ialah ada 2 pilihan  : pati/karbohidrat dengan sayuran atau protein dengan sayuran. Jadi pati dan protein/lauk tidak boleh dimakan bersama.

Nah yang saya lakukan :

  1. Pagi saya dimulai dengan minum air putih kadang ditambahi jeruk nipis kadang ga, nah ini nih yang sepertinya harus dievaluasi hehe, tingkat kedisiplinan saya berbanding lurus sama ketersediaan si jeruk nipis di kamar saya, kalau lemon mahal soalnya haha, tapi alhamdulillah gastritis saya ga kambuh, hmm tapi baca-baca di blog/forum ada juga yang ga kuat, jadi gastritisnya kambuh, sepertinya  ini beda-beda ya hasilnya di tiap orang.
  2. Sarapan pagi dengan buah, ga ada masalah, kecuali kalau pas buah habis aja hehe. Saya sih omnivor sejati jadi makan apa aja hayu. Dampak positifnya ialah ga gampang ngantuk, lancar buang air besar, lebih seger dan praktis hahaha, ga usah masak atau dulu mampir-mampir dulu ke abang-abang penjual bubur/nasi uduk dll. Dampak negatifnya buat saya adalah lebih cepat laparrr…hahaha, ini sih karena saya biasanya cuma sarapan 1 jenis buah dan 1 kali hahaha, bukan apa-apa jam 10 itu titik krusial perut saya berbunyi, tapi kan pekerjaan ga bisa disambi, jadi solusinya..banyak minum, soalnya kalau pagi saya tambah porsi buah, ga ngaruh dan kekenyangan akhirnya hehe. Banyak minum ini lah yang membantu , tapi memang dulu saya kuat ga minum air putih dan jarang minum, jadi sekarang banyak minum, hehe. Pas saya tinggal di Karawang, dari kelas 4 -6 SD, saya ga pernah minum air putih. Lebayyy..haha, ga pernah tiap hari, tapi paling seminggu sekali karena ga suka air putihnya hehe, baunya khas nya yang kurang enak, *curiga ada hubungannya sama limbah pabrik2 hehe, jadi saya selama 2 tahun itu  otomatis cuma mau minum air teh tawar tiap hari, jadi jangan heran kalau masa-masa itu kesehatan saya ga oke sama sekali dari mulai gastritis, alergi, anemia pernah saya alami, salah satu penyebabnya karena konsumsi air putih yang kurang kayanya.
  3. Makan siang biasanya nasi dan sayuran aja, atau lauk sama sayuran paling ditambah tahu/tempe. Nasi masak sendiri, sayuran/lauk biasa beli aja di warung nasi di sekitar kostan hehe, makan siang ga ada masalah sih alhamdulillah lancar jaya.
  4. Nah makan malam nih yang perlu dievaluasi, hehe, 3-4 bulan terakhir saya jarang makan malam, bukan karena diet atau apa.. tapi males dan belum nemu makanan yang cocok jadi saya jarang makan malam, paling diganti sama makan buah aja. Nah khawatir gizi ga cukup, jadi menu makan siang tiap hari giliran antara nasi plus sayur, atau lauk plus sayur.
  5. Nah, terakhir berat ga menjalaninya?. Sebenarnya relative mudah tapi butuh ketetapan hati dan kemauan mengekang hawa nafsu, hehe, untuk memfasilitasi itu rata-rata anjuran nya ya, luangkan waktu untuk cheating ya, bisa di akhir pecan. Kalau saya masih belum teratur, kadang di akhir pekan dan kadang lebih dari 2 hari hehe, ya itulah PR saya…

 

Nah itu prosesnya, hasilnya Alhamdulillah badan enakan, sempet sakit tapi ga sesering dulu, hehe, konstipasi udah ga pernah, kalau berat badan sih tetap ga naik atau turun. Harapannya sih bisa naik ya, tapi kayaknya makan malam yang ditinggalkan berpengaruh besar sama berat badan. Oia, saya nerapin pola ini bukan karena ingin kurus, tapi ingin sehat hehe. Kalau kurus/gemuk sih hmm,kurang berpengaruh sama diri saya.,kecuali mungkin jika nanti sudah berkeluarga *eh. Masih banyak sih yang harus dievaluasi hehe, semangat lah ya…

Kalau bicara mengenai keilmiahan *tsaah metode ini sih..lebih baca buku atau gugling juga nemu koq hehe, tapi saya cukup kagum waktu baca blog ini, jadi ternyata beliau memahami kearifan nilai yang dibawa Rosululloh lho, pertanyaannya ialah, kita saya gimana?*jawab dalam hati aja :).

Nah kalau proyek ini *halah tentang makanan, saya mau coba hidup lebih sehat di bidang lain, hehe bidang kewanitaan *gaya, tapi nanti saja ceritanya, baru mau mulai bulan depan.

Jaga waktu sehat mu sebelum waktu sakit mu

NW5_YouAreWhatYouEat

Gambar diambil dari sini

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s