Uncategorized

(ceritanya) Memulai Hidup Sehat

Bismillah,*sambil sapu-sapu blog :). Akhirnya nulis (yang lumayan panjang) juga setelah sekian lama ini blog dianggurin hehe, bukan apa-apa ada janji yang harus dipenuhi (yang berhubungan dengan menulis :p)tapi..ya sudahlah. Tulisan ini pun dibuat buat ngingetin saya sendiri hehe. Jadi belakangan saya sedang mencoba memulai hidup sehat. Lho, jadi selama ini ga sehat ?. Mungkin bisa dikatakan ya, khususnya masalah makanan ya dan olahraga hehe. Jadi beberapa tahun belakangan saya mulai ga nyaman dengan badan saya, udah dari dulu sih kalau masalah gastritis atau si radang magh, sejak kelas 4 SD. Terus badan cepet banget capek, pegel-pegel pokoknya renta bangetlah badan saya ini. Apalagi pas masih kuliah ya, kayanya status mahasiswa (buat saya) jadi pembenaran buat hidup ga sehat ya (tutup muka), makan mie instan hampir seminggu lebih dari 3 kali, begadang, minum kopi, lewatin waktu makan, hadeuh pantesan saya ngantuk mulu pas zaman kuliah dulu :p *padahal emang dari sananya ya,.hehe. Jadi akhirnya pelan-pelan saya mulai mengubah pola hidup. Mulai rutin lari pagi di lapangan gymnasium kampus, *yang cuma bertahan 1 bulan. Mulai nerapin prinsip food combining *yang cuma bertahan 3 hari hehe. Bangun lebih awal *cuma ini yang bersisa sampai sekarang. Motivasinya masih kurang hehe.

Sampai dengar kabar ini saya lebih banyak berpikir, ditambah dapat kabar perginya Kakak Ibu saya karena diabetes lebih-lebih membuat saya banyak merenung. Banyak hikmah yang bisa saya ambil dari peristiwa ini , nanti kapan2 ditulis *janji lho janji fika… Nah karena itu mulai minggu kemarin saya mulai menerapkan kembali pola makan food combining, hehe. Karena gampang dan masuk akal buat saya. Jadi kita makan dengan memperhatikan padu padan makanan kita sehari-hari. Prinsip yang utamanya sih gini :

1. Bangun tidur minum air hangat yang ditambahi lemon atau jeruk nipis

2. Sarapan hingga jam makan siang hanya mengkonsumsi buah, ada aturan buahnya juga, kalau bisa buah-buah sejenis melon, semangka tidak dicampur dengan buah lain, karena waktu cernanya lebih cepat.

3. Pasangan makanan untuk makan siang dan makan malam ialah ada 2 pilihan  : pati/karbohidrat dengan sayuran atau protein dengan sayuran. Jadi pati dan protein/lauk tidak boleh dimakan bersama. 

Lebih jelasnya disini ya hehe.

Nah, awal-awalntya berat buat saya, hari pertama aja udah cheating, malam-malam makan bakso hehe. Semoga lancar ke depannya ya..belum bisa cerita banyak kalau sekarang mah..hehe. Nanti hasilnya bagaimana, insyallah cerita lagi *janji lho janji fika

Saya juga mulai membiasakan diri melakukan olahraga ringan yang gerakananya dapat dengan mudah di unduh di yout*be hehe..

Doakan saya ya….Bismillah 

Oia satu lagi lagi, ada isu kalau fc ini kurang sesuai dengan pola makan gizi berimbang atau hanya konspirasi semata*halah, tapi buat saya selama bisa mengatasi masalah konstipasi, berarti konspirasi ini ini berhasil :). Kenapa harus sehat?. Karena buat saya bentuk kesyukuran kita terhadap rezeki sehat yang Allah berikan adalah dengan menjaga kesehatan , sederhana tapi kadang kita saya lupa 🙂

Imagegambar diambil dari sini

 

2 thoughts on “(ceritanya) Memulai Hidup Sehat

Tinggalkan Balasan

