Uncategorized

muhasabah #1 : jaga lisan

Percakapan 1

A : mbak, diantara pengelola toko baju X, sepertinya hanya mbak yang kurang modis.

B : hmm, iya

Me : (diam) awalnya hanya menganggap itu tidak aneh, tapi setelah saya perhatikan mimik muka mbak B, saya mulai terusik ternyata setelah saya cari tahu ternyata mbak B ini orangnya sensitif sekali, menyesal saya tidak langsung mengingatkan mbak A.

Percakapan 2

C : FIk, emang saya terlihat seperti orang yang s*ress berat ya, gara-gara  j*raw*t ini

Me : Hmm, saya kan tahu gimana C berusaha menghilangkannya, jadi menurut saya sih ga mengurangi kecantikannya C hehe

C : tadi fulanah bilang katanya saya terlihat seperti stres berat dan kulit saya kusam, seperti sedang banyak masalah, berbeda dengan wajah teman-teman saya yang lain.

Me : hmm

(mbak C ini kategori yang tidak sensitif, tapi ekspresinya waktu itu (menurut saya) terlihat berbeda, pada beberapa kondisi sesuatu mungkin bisa jadi sensitif )

Percakapan 3

Sebuah forum, entah sedang berbicara dengan topik apa (yang jelas tentang pakaian).

D : iya mbak E, bajunya terlihat seperti baju putus asa..(melihat mbak E yang warna rok dan jillbabnya sama, tapi berbeda dengan bajunya)

E : (diam)

ternyata diam-diam mbak E cukup tersinggung dengan pernyataan tersebut

Percakapan 4

F : fik, itu air buat apa?

Me : (lagi menuangkan air ke botol, baru pulang, emosi labil ) buat mencuci hatimu #edisi gombal yang menyakitkan…:(

F : diam, jelas tersinggung

see , saya pun pernah mengalaminya dan sekarang jadi lebih memilih diam kalau kondisi sedang capek, khawatir yang keluar menyakiti hati orang lain.

Saya sadar saya juga kategori yang sensitif, tapi insyaallah sedang berusaha menurunkan derajat kesensitifan dan menaikan kadar toleransi dan lapang dada 🙂

Tinggalkan Balasan

