Uncategorized

Belajar bahasa perancis

Alhamdulillah neng dinda (laptop saya) sudah kembali. Dan Mas Mail pun dihukum sesuai dengan hukumannya (dan semoga diberikan hidayah). Kalau dilihat-lihat blog saya koq isinya curhat semua ya hehe. Kali ini saya mau posting selain curhat deh. Jadi beberapa waktu lalu, saya sempat mengikuti les bahasa Perancis di UPT (Unit Pelatihan) Bahasa IPB. Jadi mau sedikit sharing soal materinya hehe.Siapa tahu ada yang punya ketertarikan dengan bahasa Perancis juga seperti saya. Kita mulai dengan belajar dengan abjad dalam bahasa perancis. Sebenarnya hampir sama dengan abjad dalam bahasa indonesia, yang berbeda adalah pengucapannya.

a dibaca a
b dibaca be
c dibaca se
d dibaca de
e dibaca eu (sepertinya eu nya bahasa sunda) atau simbolnya seperti e diputar 180 derajat
f dibaca ef
g dibaca je
h dibaca ash
i dibaca iy
j dibaca ji
k dibaca ka
l dibaca el
m dibaca em
n dibaca en
o dibaca o
p dibaca pe
q dibaca kyu
r dibaca er
s dibaca es
t dibaca te
u dibaca u
v dibaca ve
W dibaca duble ve
X dibaca iks
Y dibaca igrek
z dibaca zed

🙂

 

Tinggalkan Balasan

