IPB · myself · reminder · Statistika

Skripsi #4

Jadi semacam ritual bagi saya buat ngedraft dulu di wordpress :D, sebelum ngedraft di ms.word. Topik skripsi saya insyaallah berubah (lagi), yes, untuk yang ke 4 kalinya berganti (alhamdulillah). Kali ini topiknya mengenai “Penguraian Nilai Singular Kekar (SVD)” (selanjutnya sebut saja RSVD (Robust Singular Value Decomposition)). SVD ini banyak menjadi dasar dalam berbagai analisis statistika seperti analisis biplot, korespondensi, metode clustering Q methods. Tapi SVD ini sensitif terhadap penicilan, nah RSVD ini dapat mengatasi kendala tersebut. Begitulah kira-kira ceritanya.

Skripsi bagi saya memberi banyak sekali pelajaran. Namapun syarat lulus S1 ya..jadi wajar kalau ada tantangannya. Belajar memahami manusia. Belajar bersabar. Belajar mengatasi masalah. Belajar bertanya. Dan serangkaian proses belajar yang lain. Jadi disyukuri saja, insyaallah Allah akan mempertemukan kita dengan pelangi setelah hujan.

Sebuah SMS “cahaya matahari” kemarin pagi :

” Mengerjakan skripsi itu harus fokus. Jangan banyak melakukan aktivitas lain di luar aktivitas skripsi. Itu kata Teh Nida (anaknya Pak Arif). Sekarang lagi S2.”

Siapakah pengirimnya ?. Ibu saya :). Jawaban saya,  Yes mum, i’ll try to do the best :). Terbaik bagi semuanya.

3 thoughts on “Skripsi #4

      1. ini adanya udah lama,, tapi gak kepake,, karena digusur jadi kepake lagi rumah lamanya =D

        folbek aku donkk =D

Tinggalkan Balasan

